PUSAT PENGEMBANGAN SDM PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF MEMPERSIAPKAN PELATIHAN KHUSUS ANALIS KEBIJAKAN DENGAN BEKERJA SAMA OLEH LEMBAGA ADMINISTRASI NEGERA
Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta â (25/08/2022) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PPSDM Parekraf) mengadakan rapat untuk mempersiapkan pelatihan khusus analis kebijakan. Sebagai informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terdapat 55 Orang Analis Kebijakan Pengangkatan Pertama dan 244 Orang Analis Kebijakan Pengangkatan Penyetaraan/Inpassing. Rapat dihadiri oleh Ibu Suwatin selaku kabid bangkom dan pemantauan Lembaga Administrasi Negara, didampingi oleh tim teknisnya Ibu Agit Kristiana dan Bapak Pardamean Panjaitan dari Bidang Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara. Rapat dibuka oleh Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Bapak Fransiskus Handoko, dalam pembukaannya beliau menyampaikan terima kasih telah hadir pada rencana penyelenggaraan pelatihan khusus analis kebijakan. Beliau juga menyampaikan harapan pelatihan khusus analis kebijakan dapat memberikan pemahaman dan menambah kompetensi seorang analis kebijakan untuk memberikan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh kemenparekraf/baparekraf. Pelatihan ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar meskipun pelaksanaan secara daring dengan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Diskusi dimulai dengan penyampaian selayang pandang terkait dengan Pelatihan Jabatan Fungsional Khusus Analis Kebijakan oleh Ibu Suwatin, Beliau menyambut baik terkait kerja sama untuk menyelenggarakan Pelatihan Khusus Analis Kebijakan. Mekanisme penyelenggaraan Khusus Analis Kebijakan, Beliau menyampaikan Lembaga Administrasi Negara sebagai penjamin mutu dan penyelenggara dari Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lembaga Administrasi Negara akan bertidak untuk merekomendasikan beberapa pengajar, dan yang menguhubungi pengajar dari Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penyelenggaraan dilaksanakan secara full daring bagi PNS yang menduduki Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dari Inpasing dan Penyetaraan, penyelenggaraan pelatihan ini memanfaatkan LMS dari Lembaga Administrasi Negara. Pengajar akan direkomendasikan dari UNPAD, UI, UGM dan LAN. Sertifikat akan diterbitkan oleh LAN dengan total 102 Jam Pelajaran (JP) sebagai bagian dari skema kerja sama namun terpisah dari pembiayaan narasumber dan pembimbing langsung dari Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Diskusi dimulai dengan rencana pelatihan yang disampaikan oleh ibu amalia dengan menyampaikan skema penyelenggaraan, waktu penyelenggaraan, dan target peserta pada pelatihan khusus analis kebijakan. Pertanyaan dan Masukan-masukan pun disampaikan oleh para peserta rapat, terdapat masukan dari ibu suwatin dengan harapan peserta dapat dibuatkan bebas tugas selama pelatihan dengan tatap muka dan submit paper pada hari yang sudah ditetapkan pada pelatihan khusus analis kebijakan karena output pelatihan ini adalah keterangan Lulus dan Tidak Lulus.
Rapat pun diakhiri dengan skema penyelenggaraan pelatihan khusus analis kebijakan dengan rencana dipertengahan bulan september 2022 dan diawali dengan penyusunan PKS dengan kedua belah Pihak. Rapat ditutup oleh Ibu Suwatin dengan harapan untuk dapat terus bersinergi menyelenggarakan pelatihan.
DI