Pentingnya Konten Promosi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata
Jakarta â Pentingnya konten promosi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) merupakan salah satu arahan Menteri Pariwisata untuk meningkatkan daya tarik dan menguatkan positioning PTNP agar lebih unggul daripada Sekolah Pariwisata lainnya. Hal ini ditindaklanjuti oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rapat pembahasan melalui daring yang digelar bersama dengan Biro Komunikasi dan para pimpinan PTNP pada Kamis, 17 September 2020.
âAda dua pekerjaan yang perlu dilakukan yaitu kajian promosi PTNP untuk 5 tahun kedepan (jangka panjang) dan pembuatan konten promosi yang harus diselesaikan dalam waktu 2 minggu ini (jangka pendek),â ujarnya. Kepala PPSDM menyampaikan, perlu juga pembuatan storyline dari masing-masing PTNP agar pesan yang ingin disampaikan dengan konsep video bisa inline dan mendapatkan masukan lebih lanjut dari Biro Komunikasi.
âBiro Komunikasi sampai saat ini sudah menyiapkan saluran promosi yang akan digunakan untuk promosi PTNP, yaitu melalui media massa (konvensional) dan digital media dengan menargetkan pasar untuk milenial,â ujar Kepala Biro Komunikasi Rahayu. Lebih lanjut, ia menyampaikan, Biro Komunikasi masih menunggu konten dan key messages apa yang ingin disampaikan, dipublikasikan, dan dicapai oleh pihak PTNP.
Dalam pembahasan ini juga ditampilkan pemaparan hasil kajian konten promosi PTNP oleh Ketua STP Bandung Faisal bersama dengan Dosen Andar Danova. Dalam pemaparan tersebut terdapat beberapa poin penting, seperti, kajian konten promosi ini merupakan tindak lanjut hasil pembahasan Rapat Evaluasi SBMPTNP dan Strategi Komunikasi PTNP pada 27 dan 28 Agustus 2020 lalu di Palembang untuk mempersiapkan rencana promosi 5 tahun ke depan yang juga merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Pariwisata. Hal ini bertujuan untuk memberikan awareness serta knowledge masyarakat agar memiliki minat untuk melanjutkan studinya di PTNP. Selain itu juga adanya perubahan akibat pandemi COVID-19, perkembangan industry 4.0, dan lain-lain.
âHarus ada eksplorasi lebih dalam dari masing-masing PTNP terkait kondisi lokalnya, nilai yang menjadi kekhasan, filosofi, kelebihan, dan keunikannya serta karakter dari masing-masing PTNP. Dari sini kita akan mendapatkan bahan untuk dijadikan sebagai konten promosi,â ujar Direktur STP Bandung Faisal.
Selanjutnya, akan dilakukan pertemuan kembali untuk membahas perkembangan konten promosi ini secara berkala setiap minggunya.