Hubungi kami :

Gedung Film Pesona Indonesia
Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav. 47, RT.3/RW.3, Cikoko, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12770

tu.ppsdm@kemenparekraf.go.id

Protokol CHSE di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pelaksanaan Pendampingan Pelatihan Teknis Parekraf Dasar Berbasis Kompetensi di Poltekpar Bali bagi ASN di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utaara Tahun 2024

Bali, 30 Agustus 2024 – Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Tim Kerja Layanan Akreditasi dan Pelatihan Teknis Parekraf telah selesai melaksanakan pendampingan penyelenggaraan Pelatihan Teknis Parekraf Dasar Berbasis Kompetensi bagi ASN Dinas Pariwisata Kota Tomohon Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Poltekpar Bali secara luring pada tanggal 23 – 30 Agustus 2024 di Poltekpar Bali dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari perwakilan Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Perwakilan Sekretariat Daerah Kota Tomohon dan Perwakilan, BKPSDMD Kota Tomohon dan Perwakilan Dinas PUPR Kota Tomohon.

Kegiatan diawali dengan rangkaian acara pembukaan kegiatan dan sambutan dari Bapak Direktur Politeknik Pariwisata Bali Dr. Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan mengenai urgensi pelatihan bagi ASN sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dalam menghadapi dinamika revolusi industri ke-4. Turut hadir secara daring Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf, Bapak Andar Danova L. Goeltom S.Sos., M.Sc CPM (Asia) untuk membuka pelatihan secara resmi dan menyampaikan point penting mengenai kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya yang diakukan Kemenparekraf/Baparekraf dalam meningkatkan kualitas SDM Parekraf nasional.

Pelatihan dilaksanakan dengan konsep integratif dan aplikatif dengan menyajikan mata pelatihan sesuai dengan 6 fungsi kepariwisataan dan ekonomi kreatif yaitu Destinasi, Pemasaran, Industri, SDM, Kelembagaan dan Ekonomi Kreatif. Pelatihan teknis ini disempurnakan dengan adanya pelaksanaan studi lapangan di Desa Wisata dengan kategori Mandiri di Provinsi Bali yaitu Desa Panglipuran dan Desa Undisan dengan kategori Maju. Kedua desa tersebut memiliki peran aktif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat melalui sektor parekraf. Studi lapangan dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari materi pelatihan dengan melibatkan Pokdarwis dan BumDes sebagai pendamping selama observasi lapangan.

Kegiatan ditutup oleh Bapak Andar Danova L. Goeltom S.Sos., M.Sc, CPM (Asia), beliau menyampaikan bahwa PPSDM Parekraf tidak henti-hentinya bertransformasi dan berinovasi dalam meningkatkan profesionalitas SDM Aparatur Parekraf baik di tataran Pemerintah Pusat maupun Daerah agar Sumber Daya pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki nilai jual yang tinggi ini dapat terus bisa dikelola secara optimal untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan seluruh stakeholders kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

RHS

Pelaksanaan VIsitasi Akreditasi Pelatihan Teknis Parekraf Dasar Berbasis Kompetensi di BPSDMD Provinsi Lampung

Lampung, 13/9/2024 – Setelah berhasil menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pariwisata dan Ekonomi kreatif Dasar Berbasis Kompetensi bagi ASN di Provinsi lampung pada bulan Juli 2024, BPSDMD Provinsi Lampung resmi mengajukan permohonan proses akreditasi program pelatihan teknis parekraf dasar berbasis kompetensi kepada Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang Parekraf ini perlu dilakukan untuk memberikan penjaminan kualitas penyelenggaraan pelatihan teknis parekraf serta memberikan perbaikan guna peningkatan kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDMD Provinsi Lampung.

Kepala BPSDMD Provinsi Lampung, Bapak Yurnalis, S. IP., M. Si beserta jajaran yang hadir menyampaikan bahwa BPSDMD Provinsi Lampung sangat antusias dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di Provinsi Lampung salah satunya dalam bentuk implementasi penyelenggaraan pelatihan parekraf bagi ASN untuk kedepannya. “Kami berharap besar terkait dengan hasil akreditasi ini, karena sangat kami perlukan untuk kedepannya, dan harapan kami bahwa lampung bisa menjadi prioritas yang diperhatikan, sehingga kami siap menerima masukan dan jika ada kekurangan akan segera kami perbaiki agar mendapatkan nilai terbaik”, ujar beliau.

Pada pelaksanaan visitasi ini, turut hadir Ibu Nia Niscaya selaku Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama yang pada kesempatan ini hadir sebagai perwakilan dari Tim Penilai Akhir Akreditasi. Beliau menyampaikan harapannya agar BPSDMD Provinsi Lampung terus bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan bagi ASN.

Pada visitasi ini, Tim Akreditasi dari PPSDM Parekraf meninjau secara langsung keseluruhan sarana dan prasarana mulai dari ruang kelas, gedung penginapan, fasilitas ibadah, aula pertemuan, area parkir dan toilet serta infrastruktur pendukung pelatihan lainnya untuk menilai kelayakannya. Kegiatan visitasi ditutup dengan penandatanganan berita acara visitasi oleh Kepala BPSDMD Provinsi Lampung, Tim Penilai Akhir dan Tim Asesor Akreditasi.

RHS