Hubungi kami :

Gedung Film Pesona Indonesia
Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav. 47, RT.3/RW.3, Cikoko, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12770

tu.ppsdm@kemenparekraf.go.id

Protokol CHSE di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

SOSIALISASI APLIKASI LMS WLC PADA PESERTA PELATIHAN PAREKRAF DASAR BERBASIS KOMPETENSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN TOMOHON

Jakarta, 23 Agustus 2024 – Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PPSDM Parekraf) melalui Tim Kerja Layanan Akreditasi dan Pelatihan Teknis Parekraf telah melaksanakan Sosialisasi Learning Management System (LMS) yaitu Wonderful Learning Center (WLC). Sosialisasi ini merupakan persiapan awal pelaksanaan Pelatihan Parekraf Dasar Berbasis Kompetensi untuk Pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Tomohon yang dilaksanakan oleh Poltekpar Bali bekerjasama dengan PPSDM Parekraf.

Sosialisasi penggunaan LMS melalui aplikasi WLC ini diberikan kepada 30 orang peserta pelatihan, yang merupakan perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tomohon. Sosialisasi ini bertujuan agar peserta dapat memahami penggunaan WLC, mampu mengakses modul parekraf dasar serta mampu mengikuti pembelajaran microlearning parekraf dasar yang tersedia di WLC.

Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini, peserta mampu melakukan pembelajaran mandiri, yang kemudian akan dilanjutkan pada pembelajaran secara klasikal, studi lapangan hingga uji kompetensi mulai tanggal 26 – 31 Agustus 2024 bertempat di Poltekpar Bali.

short-report image

Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Pelatihan Mandiri melalui Learning Management System (LMS) e-Training Kemnaker

Jakarta, 20 Agustus 2024 – Perwakilan PPSDM Parekraf melalui Tim Kerja Layanan Akreditasi & Pelatihan Teknis Parekraf dan Tim Kerja Pelatihan & Beasiswa Pendidikan menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pelatihan Mandiri melalui Learning Management System (LMS) e-Training Kemnaker di Best Western Premier The Hive Jakarta pada tanggal 20 Agustus 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari beberapa Pusdiklat Kementerian/Lembaga teknis terkait, turut hadir sebagai narasumber: Pakar Teknologi Pendidikan Kemendikbudristek Bapak Irfana Steviano, Sekjen Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) Bapak Fanky Christian, dan beberapa praktisi industri di bidang IT untuk membagi pengetahuan, pengalaman, best practice dalam pengelolaan konten e-learning.

Tema diskusi kelompok yang menjadi bahasan meliputi Best Practice Pemanfaatan Teknologi untuk Pengembangan SDM di Kemendikbudristek, Talenta Digital Industri IT Indonesia, Optimalisasi Pelatihan dengan LMS, dan LMS e-Training Kemnaker. Pertemuan ini bertujuan untuk mengkolaborasikan sistem pelatihan mandiri E-training Kemnaker dengan Kementerian/Lembaga/Stakeholder teknis terkait dalam penyediaan akses pelatihan bagi tenaga kerja yang mana pada saat ini sudah tersedia 101 program pelatihan yang dapat diakses.

Selain itu pada kegiatan FGD ini, Direktorat Bina Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan turut menjaring semua saran dan masukan dari seluruh Kementerian/Lembaga dan Asosiasi yang hadir terkait optimalisasi pemanfaatan LMS E-training Kemnaker dalam rangka mengelaborasikan program pelatihan yang related dengan kebutuhan industri di seluruh Kementerian/Lembaga.

Geber, Gercep, Gaspol
Salam SDM Unggul dan BerAKHLAK